Home » , » 3 Hal Kecil Yang Mempengaruhi Kesuksesan Branding Anda

3 Hal Kecil Yang Mempengaruhi Kesuksesan Branding Anda

gambar dari : internshipdownunder


Sebagai seorang marketing apa yang akan anda lakukan untuk mendongkrak brand perusahaan anda agar minimal dikenal banyak orang ? Tentu saja ada amat sangat banyak cara atau langkah yang bisa dapat anda lakukan untuk meraihnya. Namun, sekali lagi dengan budget yang sudah ditetapkan oleh perusahaan anda pastinya akan ada banyak kendala untuk melakukannya. Terlebih kita harus bersaing ketat dengan competitor yang biasanya ada beberapa dari mereka yang disokong oleh dana yang sedikit atau bahkan malah jauh lebih besar.

Biasanya para marketing akan menyiapkan strategi agar proses branding berjalan sesuai dengan target yang diharapkan, dan tujuan utamanya adalah untuk menaikkan penjualan ataupun omset dari perusahaan tersebut. Namun, para marketing cenderung hanya akan fokus pada langkah besar mereka saja dan cenderung mengabaikan beberapa hal-hal kecil yang sebenarnya sepele akan tetapi memberikan dampak yang cukup luas terutama proses branding itu sendiri.

Padahal hal-hal sepele tersebut akan sangat berpengaruh pada saat hasil akhir nanti. Percaya atau tidak kesuksesan apapun memang akan sering sekali dipengaruhi hal-hal kecil seperti itu. Jadi ada baiknya jika anda memulai ataupun memperhatikan dengan detail hal yang kecil tersebut sebelum melakukan atau berjalan ke arah yang lebih luas lagi nantinya.

Berikut ini 3 hal kecil yang mempengaruhi kesuksesan branding

Survey yang kurang matang

Bagaimana proses anda bisa berjalan jika anda tidak melakukan survey pasar dan menganalisa hasil survey dengan kinerja yang kurang matang. Penting buat para marketing untuk dapat menganalisa pasar dengan mendetail, karena jika tidak strategi marketing anda hanya akan terbuang sia-sia karena penargetan pasar yang salah, atau bahkan bisa saja berakibat pada strategi marketing yang salah.

Dan semua hal tersebut akan berimbas buruk dan negatif terhadap penjualan dan omset anda. Analisa pasar ini bisa dilakukan mulai dari produk atau layanan apa yang perusahaan anda akan berikan kepada masyarakat ? Lalu setelah itu anda bisa membagi melalui usia, jenis kelamin, hingga, penghasilan yang nantinya akan menjadi target pasar anda.

Jika perusahaan anda berbentuk digital yang berjualan melalui website, maka anda bisa melakukan analisa pasar melalui tools yang disediakan oleh mesin pencari Google atau yang biasa dikenal dengan Google Analytics (klik disini untuk sign up Google Analytics).

Marketing tools yang tidak berfungsi

Untuk memperkenalkan perusahaan beserta produk ataupun jasa yang dijual ke publik, tentu seorang marketing harus memiliki cukup peralatan (tools) yang akan mendukung dia untuk melakukan branding. Marketing Tools yang seringkali digunakan dalam proses branding ini adalah Company profile atau ada juga yang membuat kalender dengan logo beserta profil perusahaannya.

Dua marketing tools yang disebut di atas juga merupakan hal yang kerap disepelekan oleh para marketing suatu perusahaan. Padahal, dengan memiliki company profile yang baik jasa ataupun produk yang perusahaan anda jual akan mudah diketahui oleh klien maupun pihak-pihak yang akan bekerja sama dengan perusahaan anda.

Tentu saja desain company profile ataupun isi konten marketing lainnya harus berisikan informasi mengenai perusahaan anda secara detail dan menyeluruh, namun tetap dengan desain yang professional dan elegan.

Fondasi awareness yang kurang kuat

Satu kunci yang paling sepele namun kerap kali diabaikan oleh para marketing yakni mengenai hal yang mudah diingat oleh perusahaan anda. Tentu saja anda harus membangun awareness yang kuat, dengan demikian hal tersebut akan memudahkan untuk mencapai target demi target marketing perushaaan anda.Branding awareness ini bisa anda mulai dari logo, atau slogan dari perusahaan anda.
Jika publik saja sudah dapat mengenal logo atau slogan dari perusahaan anda, maka hal tersebut akan mempermudah anda mencapai target marketing dengan sangat mudah. Tentu saja dengan brand awareness yang sukses maka keberhasilan tersebut akan diiringi oleh kesuksesan proses branding anda.

Demikian informasi singkat mengenai 3 hal kecil yang mempengaruhi kesuksesan branding anda, selamat mencoba !!!

0 komentar:

Posting Komentar